23.05, hari ini, tentang Mas Y.

Belom bisa tidur. Hehehehe
Mau cerita sesuatu, boleh ya.

Akhir-akhir ini, Fakultas Hukum yang memang pada dasarnya uda ada MoU dengan Rutan Cirebon, sering ngadain kegiatan yang berhubungan dengan Rutan. Yang ngebuat pada akhirnya aku sering kesana. Ketemu pegawai-pegawai Rutan (yang aku yakin banget bosen ngeliat muka aku 😭), termasuk berinteraksi dengan tahanan-tahanan nya.

Kebetulan, ada tahanan yang memang diperbantukan untuk membantu pekerjaan pegawai Rutan. Aku bertemu dengan beberapa orang, salah satunya, sebut saja namanya Mawar *plak* *emang kamu pikir kasus perkosaan Tis* 😓, sebut saja namanya mas Y. Dia yang diperbantukan dalam urusan komputer dan administrasi. Yang pada akhirnya sering ngebuat aku ngobrol ma dia. Nah, karena mas Y ini komputernya jago dan aku *ehm* ga jago-jago banget, akhirnya aku minta diajarin lah.. Program komputer dan sebagainya.

Aku laper. *ilang pokus* *pas lagi nulis ini aku laper beneran sih 😭*

Oke. Balik lagi.

Pertemuan pertama belajar sama dia, sambil belajar, dia cerita dikit ma aku. Tentang kasusnya (he said that he’s innocent), kerjaan nya dia, keluarganya, cara dia memandang hidup dan sebagai nya.

Aku.. Mendengarkan.

Mendengarkan dia yang ternyata lulusan salah satu univ negeri ternama di negeri ini, dia yang sudah jadi manager di tempat kerjanya terdahulu, dia yang punya cita-cita buatin cerita untuk anak nya selepas dari penjara, dia yang merasa Penjara banyak memberi dia pelajaran.. Aku mendengarkan dengan muka lempeng, seperti biasa. Selesai belajar, aku pulang ke rumah dengan perasaan yang ga bisa aku deskripsikan. Aku googling dia, aku baca blog nya, lihat FB nya, lihat photo istri dan anak-anaknya, dan masih bingung ngegambarin apa yang aku rasain.

Beberapa jam dari itu, aku yang ga jelas ini perasaannya, menemukan diri sendiri.. Menangis.
Dan engga bisa tidur sampai jam 2 pagi.

Entah bagaimana perasaannya. Perasaan istri nya. Perasaan anak-anaknya.

Memikirkan itu, Aku, sesak luar biasa.

Tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya berpisah dari keluarga, dan yang mengherankan adalah, istri si mas Y ini masih sangat kuat untuk bertahan di samping dia. Secara istrinya cantik ya, punya suami masuk penjara, kalau dia mau dia bisa pergi. Tapi itu tidak dia lakukan, sampai hampir 2 tahun si mas Y ini ditahanan, sang istri masih ada disitu. Setia.

Aku terkaget-kaget.

Aku yang selama ini jarang disuguhi gambaran keluarga bahagia yang ayah dan ibu nya bersama, tiba-tiba tidak bisa berkata-kata. Dan Sedih luar biasa memikirkan bagaimana perasaan mereka berempat. Ayah, ibu, dan dua orang anak. Keluarga yang tertempa masalah, musibah, tapi masih bertahan melewati itu semua.

Aku berdoa.

Di malam-malam seperti ini, saat tiba-tiba aku engga bisa tidur lagi, saat aku teringat mas Y yang selama bertahun-tahun hidup di kamar sempit engga bisa kemana-mana, aku berdoa.

Berdoa.

Semoga mas Y selalu diberikan kekuatan.

Aku menunggu, dan berharap, mereka ber-empat akan segera berkumpul kembali. Saling memeluk, dan bersama, tanpa perlu dihalangi sekat dan tembok penjara.

Semoga bisa secepatnya. Semoga Allah mempermudah semua prosesnya.

Aamiin.

Leave a Reply

